Minggu, 12 Desember 2010

Aplikasi Converter Suhu Menggunakan Komponen CORBA Pada Java

 
CORBA (Common Object Request Broker Architecture) adalah sebuah arsitektur software yang berbasis pada teknologi berorientasi obyek atau Object Oriented (OO) dengan paradigma client-server. CORBA dapat digunakan untuk pengembangan software dengan berbasis pada rekayasa berkomponen.
CORBA lahir berdasarkan ‘kesepakatan’ antara sejumlah vendor dan pengembang perangkat lunak terkenal seperti IBM, Hewlett-Packard, dan DEC, yang tergabung dalam sebuah konsorsium bernama OMG (Object Management Group).

Konsep Object-Oriented (OO) melahirkan paradigma client-server yang mana pada sebuah obyek berkomunikasi dengan obyek lain dengan cara pengiriman pesan (message passing). Konteks komunikasi ini kemudian dipetakan ke dalam model client-server: satu obyek berperan sebagai client (si pengirim pesan) dan yang lain bertindak sebagai server (yang menerima pesan dan memproses pesan yang bersangkutan).
Dengan menerapkan konsep Object-Oriented ataupun Client-Server, kita akan mencoba untuk membuat sebuah aplikasi sederhana yaitu Membuat Aplikasi Converter Suhu Menggunakan Komponen CORBA, yang mana komponen CORBA telah disediakan oleh Java.
Download  PDF
Download Project

Sumber Here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar