Rabu, 20 Juli 2011

Trik Nyalain komputer lewat jaringan


Nyalain komputer dengan cara pencet tombol power di PC itu sudah biasa, tapi kalau nyalain komputer secara remote menggunakan komputer lain di jaringan, ini baru nggak biasa. :mrgreen: 

Apa bisa? bisa donk, karena pada jaringan kabel (LAN) terdapat fasilitas yang dinamakan Wake-on-LAN atau sering disingkat WOL.

Bagaimana caranya? pertama download dulu software fusion WOL disini (gratis). Dengan software inilah anda bisa menghidupkan komputer lain di jaringan secara remote.
Seperti inilah tampilan software fusion WOL

Nyalain komputer lewat jaringan

Cara menghidupkan komputer lain di jaringan (kompie target)
Lihat pada bagian “Main” disini anda diminta untuk mengisikan IP address dan MAC address dari komputer target (untuk isian password di kosongkan saja), setelah itu klik tombol “Turn on PC”.
Simsalabim…dalam hitungan detik komputer target akan nyala sendiri. Ajaib ya?

Jika belum berhasil, coba cek pada settingan bios komputer target apakah fasilitas Wake-on-LAN sudah enable atau belum.

Sebagai catatan komputer target harus dalam keadaan mati tetapi kabel power (listrik) dan kabel jaringan masih dicolokan.

Cara mendapatkan MAC address
Pada bagian “Main” isikan IP address komputer target lalu klik tombol “Get MAC”. Komputer target harus dalam keadaan hidup.

Cara mengecek status komputer target
Pada bagian “Utilities” isikan IP address komputer target lalu klik tombol “Check”. Bisa juga dengan menggunakan perintah PING di command prompt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar