Kamis, 22 Juli 2010

Tips Membeli, Mencari Power Suply Bekas

Salah satu masalah yang paling sering menyebabkan komputer tidak berjalan dengan baik adalah faktor power suply atau catu daya. Ini biasanya ditandai dengan sering restart pada system, cpu hidup tapi tidak sampai monitor, cpu hidup sebentar terus mati lagi dll. Lain kali akan kita bahas cara mengetahui masalah pada power suply.

Jika harus menggantinya sementara budget minim, maka solusinya adalah menggantinya dengan yang bekas. Masalah harga menjadi alasan utama dalam hal ini meskipun sebaiknya untuk power suply saya sarankan mengganti dengan yang baru dan bagus. Nah jika harus menggantinya dengan power suply bekas, maka beriktu tips mencari dan membeli power suply bekas:

Perhatikan kabel konektor power untuk motherboard
Sesuaikan dengan motherboard, hard drive dan optical yang sudah ada. Biasanya untuk Motherboard P4 socket 478 dibutuhkan power dengan slot 20 pin ditambah slot 4 pin. sedangkan motherboard LGA ke atas dibutuhkan power suply yang menyediakan kabel power 24 pin dan juga 4 pin. Perhatikan gambar gambar di bawah ini:

 
Power suply dengan kabel 20 pin dan 4 pin

 
Gambar kabel power 24 pin

Jika power supply yang kita beli hanya tersedia kabel power 24 pin, maka kita butuh sambungan kabel power dari 20 pin menjadi 24 pin. Lihat gambar berikut:

 
Gambar power kabel 20 pin ke 24 pin
Perhatikan kabel konektor power untuk Drive (hard disk dan optical disc drive)
Sesuaikan pula power supply yang akan Anda beli dengan hardisk (hard drive) dan ODD (Optical Disc Drive) Anda. Jika Hard Drive adan Hard disk dan ODD Anda menggunakan connector SATA, maka Anda membutuhkan power supply dengan connector power SATA. Perhatikan gambar:

 
Gambar hard disk dengan connector SATA 
Hard disk SATA membutuhkan power degan kabel SATA pula. Perhatikan gambar:

 
Kabel Power SATA untuk Drive SATA 

Atau jika power supply yang kita beli tidak terdapat kabel power SATA maka kita membutuhkan sambungan kabel dari ATA ke SATA. Perhatikan gambar berikut ini:


 
Gambar hard disk dengan connector ATA
Pengetesan dan Penjajalan
Untuk membuktikan power supply normal tidak cukup dengan menjajalnya dengan tester atau menghidupkan secara manual dengan menggabungkan kabel hijau dan hitam biasanya. Karena pada saat power supply benar benar digunakan dalam CPU semua aliran power pada power motherboard, power hard drivie, power CDROM (ODD) atau bahkan power untuk kipas tambahan dan lain lain harus bagus semua. Jika tidak maka komputer akan bermasalah.

Maka cara membuktikan yang terbaik adalah dengan menjajalnya langsung dalam CPU, sambungkan semua sesuai keperluan seperti hard disk, cdrom, kipas dan lain lain dan hidupkan komputer. Jika OS berjalan lancar dan mulus begitu juga semua yang butuh power berjalan baik, maka bisa dipastikan power supply baik.

Terimakasih, semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar