Kamis, 22 Juli 2010

Tips Mencari, Memilih, Membeli VGA Card Bekas

Masalah kerusakan pada VGA Card tejadi biasanya pada komputer atau PC yang digunakan untuk mengerjakan grafik berat dan juga game berat. Ini disebabkan biasanya karena chipset VGA terlalu panas saat digunakan bekerja berat. Chipset VGA sendiri kebanyakan tidak bisa diganti, atau kalaupun bisa diganti chipset penggantinya juga tidak tersedia di pasaran. Nah solusi terbaik adalah dengan menggantinya dengan satu glondong VGA baru maupun VGA bekas.

Bagi sebagian pengguna komputer, biasanya tidak begitu peduli dengan VGA Card. Atau bahkan tidak tahu fungsi sebenarnya dari hardware tersebut. Ini biasanya terjadi pada pengguna komputer yang hanya untuk keperluan biasa, maksudnya seperti olah dokumen (ketik-mengketik), isi aplikasi hp, transfer lagu, gambar dan lain lain ke hp dan gatget lainnya. Lain ceritanya bila pengguna komputer adalah pekerja grafis atau gamer. Mereka bisa menghabiskan jutaan bahkan puluhan juta rupiah hanya untuk membeli satu lembar VGA idaman mereka.

Kembali ke tips mencari dan membeli VGA Card bekas, sebelumnya sedikit tips service tentang bagaimana mengetahui sebuah pc yang bermasalah pada VGA nya. Bila speaker motherboard terpasang, biasanya akan berbunyi "tut.. tut... tut..." disertai tidak adanya tampilan apapun di monitor, tetapi  terkadang pada motherboard tertentu yang biasanya sudah berumur cukup lama, fungsi indikator ini tidak berfungsi lagi, sehingga tidak mengeluarkan bunyi apapun.

Tips Mencari, Memilih dan Membeli VGA Bekas
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentag VGA

  • Jenis VGA sesuai slot yang tersedia di motherboard
 
Contoh gambar Motherboard slot VGA PCI Express (dual)

 Contoh gambar Motherboard dengan VGA AGP
Pada komputer Pentium 3 ke bawah VGA kebanyakan masih menggunakan Slot PCI. Ini tidak akan kita bahas. Yang lazim saat ini untuk VGA bekas adalah VGA AGP dan PCI Xpress. VGA Agp sendiri ada 2 macam yakni, AGP 4 kali dan AGP 8 kali. Motherboard dengan slot AGP 4X tidak akan bisa dimasuki VGA AGP 8X, tetapi motherboard dengan slot VGA 8X bisa dimasuki VGA card yang 4x maupun 8 x. Untuk membedakannya Anda tidak perlu khawatir karena untuk Motherboard Pentium 4 socket 478 kebanyakan menggunakan slot AGP 8 X. Dan VGA jenis AGP dengan memory 64 MB ke atas pasti 8X.
 VGA AGP 8 X (Perhatikan sela pada konektor bagian bawah)
VGA PCI Xpress (Perhatikan bentuk pada konektor bagian bawah, 
lebih kecil-kecil dan lebih panjang)
PCI Xpress. Ini VGA yang saat ini beredar di pasaran. VGA jenis ini biasanya dilengkapi dengan colokan Video analog dan digital atau HD, atau analog saja atau digital saja. Jika tersedia analog saja maka tidak bisa disambung ke monotir dengan kabel digital (HD), tetapi jika tersedia hanya digital saja, biasanya ada converter analognya yang biasanya sudah terdapat dalam paker penjualan (box).
Tips : Sesuaikan dengan Motherboard Anda !
  • Memory dan Bit Pada VGA Card
Ukuran memory VGA dan bit, memori VGA biasanya sering disebutkan bersama kata VGA tersebut, misal VGA AGP 64 MB, 128 MB da seterusnya. Nah yang biasanya tidak begitu diperhatikan adalah bit nya. Ukuran bit pada VGA Card inilah yang sebenarnya berpengaruh terhadap fungsi tampilan gambar. Sebagai contoh gampang saja, VGA dengan memory 64 MB dan 64 bit, akan menampilkan gambar yang lebih halus ketimbang VGA 128 MB tetapi dengan bit 32.

Tips : Sesuaikan VGA yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan berkomputer Anda.!

  • Pengecekan dan Pengetesan
Cobalah VGA dengan menancapkan ke motherboard dan hidupkan komputer, lalu install drivernya dan cobalah hidupkan beberapa aplikasi bergrafis atau game. Tunggu beberapa menit lalu periksa apakah VGA menjadi panas, agak panas, atau sangat panas. Jika sangat panas kemungkinan VGA tidak akan berumur lebih lama.
Atau lebih praktis mintalah garansi minimal 1 minggu kepada penjual untuk VGA bekas, sehingga waktu itu cukup untuk membuktikan bahwa VGA berfungsi baik dan normal. Tapi ini sedikit repot bila ternyata bermasalah dan tempat Anda tinggal jauh dari toko penjual.
  • Driver dan Kelengkapan
Akan lebih baik jika VGA yang kita beli ada drivernya. Ini jika tidak plug and play. Plug and Play maksudnya VGA tidak memerlukan driver pada OS XP biasanya. Bila tidak plug and play dan tidak ada drivernya akan merepotkan karena Anda harus donlod dari Internet atau meminta dan menanyakan sana sini kepada teman teman.
Kelengkapan mangsudnya apa? Ini seperti converter pada VGA PCI Express misalnya, jika VGA yang Anda beli PCI Xpress dengan port Digital, dan Anda tidak mendapatkan converternya, sementara Anda memakai monitor biasa atau LCD biasa (Analog) maka dijamin Anda susah! Karena Anda akan kesulitan mencari penjual converter itu (setidaknya ini pernah terjadi!).
 
 
 Gambar converter digital to analog
Tips : Usahakan mendapatkan driver asli atau bawaan dan lengkap.
Terimakasih, semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar