Kamis, 06 Juni 2013

Socket LGA dan jenis ...


LGA itu adalah kode dari soket tempat dipasangnya prosesor. Adanya di mainboard. Jadi, kalo mau beli prosesor, harus disesuaikan antara soket dan tipe prosesornya kan..

Berdasarkan umurnya:

LGA 775:


Ini menampung banyak macam prosesor, tapi hampr semuanya udah ga diproduksi.
Prosesor terkencang ada di Core2 Quad, tapi sudah ga ada lagi, sekarang tinggal sisa dual core aja.
Platform yg pake LGA 775 cenderung udah kuno. (tips: forget it)

LGA 1366:

Ini platform high-end yg menampung hanya Core i7 seri 9 (920, 930, 980X, 990X, dll), chipset-nya X58. Platform ini kencang sekali, tapi sudah digantikan dengan platform yang pakai soket 2011. Note: platform ini membutuhkan 3 keping DDR3 utk berfungsi dengan baik

LGA 1156:


Ini platform Core i mainstream yg pertama. Prosesornya Core i3 (seri 5xx ), Core i5 (6xx dan 7xx), Core i7 (seri 8xx). Platform ini pakai 2 keping DDR3 dan performanya tinggi. Tapi sudah digantikan dengan platform dengan soket 1155.

LGA 1155:

Ini dia platform Core i dengan basis Sandy Bridge.. VGA-nya udah bisa utk video fullHD, performanya sekitar 10-20% di atas LGA 1156. Prosesornya, mulai dari Celeron, Pentium G (6xx, 8xx), Core i3, Core i5 , sampai Core i7.
Untuk Core i3, i5, dan i7.. penamaannya pake 4 angka, diawali dengan angka "2" sebagai tanda ini generasi kedua.
Soket ini akan bisa menerima prosesor terbaru yg akan dikeluarkan sekitar kuartal kedua 2012 ini. Jadi, ini soket yg panjang umur dan banyak pilihan prosesornya.
Note: ini platform paling "make sense" utk mainstream

LGA 2011:

Ini soket untuk prosesor sandy bridge E, dengan chipset X79. skrg baru ada 2 prosesor; Core i7 3930K dan Core i7 3960X.. keduanya pakai 6 core dan 12 thread. platform ini harus pakai 4 keping DDR3. Saat ini, LGA 2011 adalah soket utk platform desktop paling kencang yg ditawarkan Intel.
Note: kalau mau bikin PC untuk kerjaan ekstra berat, ini pilihannya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar