Selasa, 20 Agustus 2013

Membuat Water-Cooling System di PC



Kita harus mendinginkan komputer yang panas.. Komputer biasanya menggunakan sistem kipas untuk mendinginkan komponen penting seperti, CPU, VGA, dan Hard Drives.. lalu udara panas akan di tiup keluar ke belakang mesin.. Ini biasanya berguna untuk kebanyakan komputer, tapi tidak selalu ideal.. Dan kita tidak bisa memamerkan ini ke temen2 kita.. Satu metode laen untuk menghilangkan panas adalah dengan menggunakan Water Cooling System.. 
Sistem ini tidak menggunakan air biasa, melainkan menggunakan campuran air dan Propylene Glycol, dan disalurkan melalui pipa.. Untuk memasang Water Cooling System tidak lah sulit, walaupun cukup menantang.. Siapa yg membutuhkan sistem pendingin ini? tentu saja para pengguna komputer yg suka men-overclock PC mereka dan memainkan aplikasi game yg berat, atau video processing, atau dll..
Karena cairan bisa memindahkan panas lebih efektif daripada udara, PC yg dipasang water cooling sistem dapat berjalan dengan lebih dingin,, (lebih dingin 27 derajat Fahrenheit dari kecepatan kipas rata2).. Anda juga bisa melepas kipas, agar mengurangi kebisingan yg terjadi..

Step 1: Bongkar PC Anda

water cooling your pc step 1
mempersiapkan mesin anda adalah bagian yg tersulit.. Sebelum anda memasang alat pendingin air, anda harus melepaskan motherboard komputer anda.. Ini berarti melepas casing, dan mencabut semua kartu dan kabel yg terpasang di MotherBoard.. 


Step 2: Lepaskan heat sink

water cooling your pc step 2

The heat sink after it is removed, cleaned and the water block is attached (see step 3).
Saat  motherboard sudah dicopot, lepaskan lah heat sink. Biasanya heat sink memiliki kipas di tengah2 chip.. Berhati2lah untuk tidak merusak chip dari motherboard.. Gunakan putaran yg lembut dengan gerakan menggeser karena thermal paste yg ada di chip biasanya terlekat dengan erat.. Lalu bersihkan permukaan atas Chip yg terlihat dengan lap alkohol, dan ganti Thermal Paste yg baru..


Step 3: Memasang blok air

water cooling your pc step 3

Hoses attached from your water pump and radiator (see step four) will take away heated liquid from the water block and replace it with cooler liquid.
Pasanglah blok air dengan menggunakan mounting bracket. Mounting bracket ini akan melekatkan motherboard dengan siku di sisi atas dan sisi bawah.. Jangan terlalu mengencangkan sekrup..


Step 4: Pasang PC anda kembali.

water cooling your pc step 4

Clamping the hoses to the water block is easy — connect one hose from the water block to the pump and one from the water block to the radiator.
Berikutnya, taroh motherboard kembali di casing-nya, dan pasangkan kembali semua kabel dan Cards yg ada.. Gunakan alat yg tersedia untuk memasang selang ke blok air.


Step 5: Nyalakan.

water cooling your pc step 5
Sekarang, colok kabel pompa ke internal power supply dari PC anda..


Step 6: Periksa kebocoran.

water cooling your pc step 6
Terakhir, isi penampung dengan cairan yg tersedia, dan periksa kembali segala kemungkinan kebocoran.. Jika semua tertutup rapat, maka semua nya sudah bisa digunakan..


Sedikit saran : kalo mau buat PC water cooling mending beli paketan pabrik jangan beli rakitan karena terlalu beresiko

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar