Jumat, 30 Agustus 2013

Solusi Overheat Pada Laptop

 
Mengatasi Overheat - Overheat pada laptop atau PC merupakan masalah klasik yang sering dijumpai penggunanya dan tak terkecuali saya. Overheat yang terjadi pada laptop atau PC akan berdampak buruk pada kinerja komputer yaitu semakin lambatnya kinerja komputer ketika sedang digunakan. Meskipun ada juga cara untuk mengatasi komputer lambat, namun kali ini saya akan share tips khusus untuk mengatasi overheat.

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa overheat yang terjadi pada laptop atau PC akan mengganggu kinerja PC atau laptop tersebut. Jengkel ? Kesal ? Tentu saja iya. Sayapun demikian jika mendapati laptop saya melambat kinerjanya dikarenakan overheat. Nah usut punya usut ternyata hal sepele juga dapat menjadi penyebab overheat pada laptop seperti misalnya kotoran atau debu yang menempel pada cooling pad, debu yang melekat pada CPU bahkan suhu ruangan ternyata menjadi salah satu penyebab dari overheat tersebut. Nah untuk mengatasi overheat itu, diperlukan beberapa tips kecil. Silahkan simak cara untuk mengatasi overheat yang saya share di bawah ini :

1. Penggunaan Cooling Pad

Inilah langkah pertama dalam mencegah maupun mengatasi overheat yaitu penggunaan Cooling Pad. Cooling Pad merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menyalurkan udara dari luar ke dalam laptop. Harganya juga sangat terjangkau sehingga penggunaan cooling pad selain dapat mencegah overheat juga dapat mendinginkan suhu di dalam laptop itu sendiri.

2. Bersihkan kipas heatsink notebook dari kotoran

Apa itu kipas heatsink ? Kipas heatsink merupakan kipas bawaan dari laptop / notebook yang berguna untuk membuang udara dari dalam laptop ke luar ketika sedang digunakan. Jika usia laptop tersebut sudah cukup lama digunakan, kotoran akan menempel pada kipas heatsink tersebut sehingga akan mengakibatkan tersendatnya udara dari dalam laptop ke luar. Hal ini akan berakibat overheat pada laptop itu sendiri. Bersihkan kipas heatsink tersebut sebagai langkah kedua dalam mengatasi overheat pada laptop.

3. Ganti Thermal Paste CPU

Thermal Paste / Compound ? Terlihat asing mungkin di telinga kita. Thermal Paste / Compound merupakan pasta yang diletakkan di atas processor atau kipas heatsink. Thermal paste berfungsi untuk menjaga suhu dan mengurangi panas processor. Ganti thermal paste antara minimal 1 tahun sekali. Penggantian Thermal Paste ini akan sedikit membantu anda dalam mengatasi overheat yang terjadi pada laptop anda.

4. Suhu Ruangan

Terlihat konyol dan sepele ? Ya memang banyak orang yang tidak menduga jika suhu ruangan juga merupakan salah satu penyebab dari terjadinya overheat. Sebenarnya laptop atau PC baik digunakan di dalam ruangan yang ber-AC. Namun jika ruangan anda tidak ber-AC, minimal ada ventilasi udara yang cukup. Sehingga suhu ruangan tidak terlalu panas.

5. Undervolting

Cara ini murah tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun dan hasilnya pun dapat mengalahkan semua point di atas dalam mengatasi overheat yang terjadi. Tapi apa sih undervolting itu ?

Undervolting adalah sebuah proses untuk mengurangi voltase berlebih ke CPU dengan menggunakan software. Anda dapat mencari softwarenya dengan tanya di mbah Google.

Lalu apakah cara mengatasi overheat menggunakan software ini dapat mempengaruhi performance laptop kita ? Jawabannya adalah tidak. Mungkin anda beranggapan bahwa Undervolting sama dengan Overclock ataupun Underclock yang memang mempengaruhi performance ? Undervolting berbeda dengan overclock dan underclock dan juga sangat tidak mempengaruhi performance laptop kita.

Mengapa saya sarankan anda melakukan Undervolting ? Perlu anda ketahui jika voltase standard pabrikan sangat tinggi yang akan secara otomatis menambah tinggi temperatur CPU. Dan tentu jika hal ini terus menerus dibiarkan sedangkan di sisi lain anda adalah pengguna laptop yang aktif (sering menggunakan laptop dalam waktu lama) akan berakibat terjadinya overheat pada laptop dikarenakan tingginya temperatur tadi. Nah tugas dari Undervolting adalah mengatasi overheat yang terjadi dengan menyetel voltase stabil ke voltase yang paling rendah.

6. Gunakan tools untuk memonitor tegangan dan suhu laptop

Cara mengatasi overheat yang terakhir adalah dengan cara menggunakan tools yang berguna untuk memonitor tegangan dan suhu laptop. Dengan tools ini anda akan mengerti dan dengan mudah mengontrol suhu di dalam laptop anda.

Tools yang saya share disini 
pass : apa_aja_boleh

semoga tips tersebut bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar