Kamis, 25 November 2010

Cara instal Windows 7 Dengan Ram 512mb


Salah satu kelebihan yang ditawarkan Windows 7 adalah tidak terlalu menuntut spesifikasi hardware yang terlalu tinggi seperti pendahulunya (baca:WinVista). Saat Admin pertama kali akan mendownload Windows 7, Admin sempat urung dikarenakan pada artikel tersebut mengatakan spesifikasi "minimum" Windows 7 adalah RAM atau memori 1GB (32-bit) dan 2GB (64-bit). Maklum memori PC Admin dirumah hanya 512 MB (belum dipotong untuk video), sayang sekali karena hanya syarat itu yang hampir menggagalkan niat migrasi Admin (spesifikasi lain tidak masalah).

Setelah googling tak beraturan akhirnya Admin mendapatkan kuncinya juga, yakni dengan hanya melakukan sedikit hacking pada satu file Setup Windows 7 dan menghilangkan satu file yang tidak kita inginkan. Dan yang perlu diingat cara ini diprioritaskan untuk Microsoft Windows 7 32-bit, karena hampir tidak mungkin untuk menginstal Microsoft Windows 7 64-bit dengan atau dibawah RAM 512 MB.
Yang Anda butuhkan : 
  • Microsoft Windows 7 32-bit edisi apapun, biasanya dalam bentuk ISO. 
  • Sebuah aplikasi Hex Editor, Admin menyarankan Free Hex Editor Neo. 
  • Sebuah ISO Editor, Admin menyarankan UltraISO atau PowerISO.
Setelah semua alat siap, sekarang saatnya untuk melakukan hacking-nya. 
  • Mount ISO Microsoft Windows 7 32-bit menggunakan ISO Editor dan copy file "winsetup.dll" pada folder "source" ke desktop (file ini yang akan dimodifikasi). 
  • Buka "winsetup.dll" dengan Free Hex Editor Neo. 
  • Cari string "77 07 3D 78 01". Kalau tidak salah pada baris "0008e528".

  • Ubah string tersebut menjadi "e9 04 00 00 00", dan save.

  • Buka Microsoft Windows 7 32-bit dengan ISO Editor. Replace atau ganti file "winsetup.dll" asli pada folder "source" dengan file "winsetup.dll" yang tadi dimodifikasi. Jangan lupa delete atau hapus pula file "ei.cfg" juga pada folder "source", untuk meng-unlock semua Windows 7 SKU.
  • Terakhir save ISO Microsoft Windows 7 32-bit, burn pada DVD-R/RW disk dan siap untuk diinstal.
CATATAN :
  • Sekarang semua Windows 7 SKU atau edisi terbuka dan Anda dapat menginstal Windows 7 Ultimate atau Professional, tetapi Admin lebih menyarankan Anda untuk menginstal Windows 7 Home Basic atau Home Premium (Starter juga bisa, bila mau). Gunakan minimal RAM 512 MB.

3 komentar:

  1. mau tnya ni os..klo install windows 7 ultimate bisa ga?

    BalasHapus
  2. Belum coba sih tapi kayanya bisa asalkan 32bit... kecuali windows seven 64-bit

    BalasHapus
  3. gan gw punya kompie
    spesifikasi
    -ram 512 mb
    -processor 1,5 ghz
    -hdd 60 gb
    -vga card 32 mb

    apa ngangkat tuh buat ngejalanin windows 7 .. ?

    BalasHapus