Kamis, 31 Maret 2011

Cara Ngirim Fax Lewat Windows

Caranya mengirim fax tanpa lewat mesin fax, tapi lewat komputer atau laptop.Untuk tips ini khusus untuk sistem operasi yang di pakai adalah Microsoft Windows XP.
 
Alat yang di butuhkan adalah komputer atau laptop yang sistem operasinya adalah Microsoft Windows XP, sebuah modem 56kbps-kalo laptop biasanya udah ada modem internalnya (CUMAN BISA NGIRIM FAX LEWAT MODEM 56KBPS, MODEM DSL UDAH DICOBA TAPI TIDAK BISA!). Dan yang paling penting adalah line telepon yang masih aktif.
Pastikan juga Fax Service sudah terinstall, coba di cek dulu di Control Panel –> Add/Remove Programs –> Add/Remove Windows Components dan centang pilihan Fax Service.
LANGKAH AWAL

fax1








Langkah pertama masuk ke Start –> All Programs –> Accessories –> Communication –> Fax, seperti pada gambar disamping ini.
Kalo sudah nanti akan disuruh untuk mensetting ini itu. Coba buka Tools –> Configure Fax. Nanti ketemu sama yang namanya “Sender Information”. Kalo sudah tinggal di isi aja sesuai data dirimu trus Klik next. Halaman keduanya adalah “Select Device for Sending or Receiving Faxes”. Sisini tinggal pilih merek modem saja. Inget, yang bisa buat mengirim fax adalah modem 56kbps tua yang sudah support fax/modem bukannya modem DSL. Klik next llagi sampai muncul “Transmitting Subscriber Identification (TSID)”. Ini di isi nama pengirim, gunanya untuk menampilkan nama pengirim di pojok atas kertas fax. Klik next lagi sampai ketemu  “Called Subscriber identifiaction (CSID)”. Ini di isi nomor telepon yang bisa dihubungi. Klik next hingga tampil “Routing Options” untuk meletakkan file fax yang kita terima, prinsipnya sama seperti Inbox di Emai. Kalo sudah ya klik next  lalu  finish. Konfigurasi Fax di Windows udah kelar…
CARA NGIRIM FAX.

fax2 













Mau ngirim apa? Dokumen? Gambar? Kalo mau kirim tulisan atau model dokumen hanya tinggal buka editor favorit kita. OpenOffice.org Writer ataupun Notepad sekalipun BISA BUAT NGIRIM. Caranya? Ketik dulu dokumennya atau buka dokumennya lalu  Klik File –> Print. Trus untuk printernya pilih FAX. Jangan lupa line kabel teleponnya di colok ke modem dulu lalu  klik”OK”.
Kalo gambar atau harus scan dulu gimana? Ya sama saja caranya .Scan gambarnya lalu drag dan drop saja ke software editor kita trus kirim!
fax5 





















Jangan lupa kita masukin nama dan nomor fax tujuan penerima fax. Dan supaya sedikit memudahkan kalo mau mengirim fax, masukin aja identitas penerima fax tadi ke address book  bawaannya Windows XP. Jadi besok-besok  jika ingin mengirim fax lagi tidak usah menginput nama dan nomor fax. Cukup cari dan import saja dari address booknya Windows XP.
Iniyang menjadi keunggulan kirim fax lewat komputer daripada mesin fax. Kalo pake mesin fax  dokumen harus di cetak dulu baru di masukin ke fax sedangkan kalo lewat laptop atau komputer tidak perlu.
Sumber here
 

5 komentar:

  1. Ane dah coba caranya diatas gan. Untuk ngirim bisa, tapi untuk menerima otomatis kok gak bisa ya.....? yang kurang apa yah....?

    BalasHapus
  2. kalau mau mengetahui Nomor fax kita gimana ya,,

    BalasHapus
  3. lah itu kan kehubung dengan sambungan telp. so harusnya sama dengan no tlp yang dihub ke computer tersebut..

    BalasHapus