Kamis, 31 Maret 2011

Pengertian Hacker dan Cracker

 
Berikut perbedaan Hacker dan Cracker :
1) Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di Internet
2) Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga mendelete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem.

Contoh kasus
Digigumi (Grup Digital) adalah sebuah kelompok yang mengkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan komputer dengan menggunakan teknik teknik hexadecimal untuk mengubah teks yang terdapat di dalam game. Contohnya : game Chrono Trigger berbahasa Inggris dapat diubah menjadi bahasa Indonesia. Oleh karena itu, status Digigumi adalah hacker, namun bukan sebagai perusak.

Pada hari Sabtu, 17 April 2004, Dani Firmansyah, konsultan Teknologi Informasi (TI) PT Danareksa di Jakarta berhasil membobol situs milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) di http://tnp.kpu.go.id dan mengubah nama-nama partai di dalamnya menjadi nama-nama "unik", seperti Partai Kolor Ijo, Partai Mbah Jambon, Partai Jambu, dan lain sebagainya. Dani menggunakan teknik SQL Injection(pada dasarnya teknik tersebut adalah dengan cara mengetikkan string atau perintah tertentu di address bar browser) untuk menjebol situs KPU. Kemudian Dani tertangkap pada hari Kamis, 22 April 2004.

itulah perbedaannya. saya harap Anda sekalian tidak keliru dalam memahami kedua kata tersebut.

artikel ini ditulis oleh Yulius Eka Agung Seputra,ST,Msi,Acpt,GHR* 

* Yulius Eka bukan hanya seorang Praktisi, dan Trainer tetapi adalah seorang Dosen, yang telah mendapatkan sertifikasi dan pelatihan cara pengajaran, sehingga kemampuan dalam memberikan Training dan pengajaran telah teruji, salah satu training pengajaran yang telah diikuti dan telah lulus sampai tahap Trainer of Trainer adalah CTSD (Centre for Training Staf Development) yang bekerja sama dengan Mgraw Hill. Selain itu Yulius Eka adalah seorang Trainer Bersertifikasi untuk Adobe dan Macromedia serta salah satu Trainer MII Metrodata yang merupakan salah satu tempat training pemegang Lisensi Microsoft.  

Sumber : here

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar