Rabu, 29 September 2010

Lelah Menunggu Windows Booting


Apakah Anda pernah mengalami hal yang satu ini? Lelah dan mungkin hampir mati menunggu Windows boot yang sangat lama. Mungkin gambar di atas adalah sebuah ilustrasi bahwa betapa lamanya menunggu Windows booting. Mengapa komputer kita bisa selambat itu? Mungkin kesalahan bukan pada Windows, tetapi pada kita sendiri. Apakah kita sudah bisa memaintanance PC dengan baik? Biasanya, faktor-faktor yang membuat komputer kita menjadi sangat lambat cukup bervariasi. Kemungkinan penyebab komputer menjadi lambat antara lain adalah

1. Virus
Tidak bisa dipungkiri bahwa virus sudah sangat berkembang di dunia komputer. Mungkin bagi seseorang yang masih belum terlalu mengenal seluk beluk komputer akan sangat mudah terjangkit virus. Menggunakan antivirus yang bagus dan tidak terlalu membebani kinerja komputer adalah salah satu solusi. Karena sekarang banyak Antivirus yang bahkan malah memperlambat kinerja komputer. Bukan hanya memperlambat, bahkan yang lebih parah lagi sekarang ada Antivirus yang malah membahayakan Sistem Operasi terutama Windows. Biasanya, entah sengaja atau tidak si Antivirus ini menghapus sistem-sistem penting Windows. Sehingga bukannya terbebas dari virus, kinerja komputer kita malah semakin parah. Sekedar berbagi pengalaman, saya sudah mencoba berbagai Antivirus dan yang menurut saya paling ringan dan updatenya juga tidak sulit adalah Antivirus Symantec. Untuk update, tinggal ketikkan di Google keyword "Update Symantec" dan klik di hasil pencarian paling atas. Di situ kita langsung bisa mendownload updatenya.

->Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati<-
Sebagai pemilik sebuah komputer, tentunya kita tidak mau komputer kita terserang virus. Karena biar bagaimanapun, membasmi virus akan lebih merepotkan. Bukankah lebih baik jika kita mencegahnya saja? Virus biasanya menular melalui media portable. Yang paling sering jadi media berkembangnya virus adalah Flashdisk. Oleh karena itu, cara yang paling mudah mencegah berkembangnya virus melalui Flashdisk adalah jangan membuka flashdisk dengan double klik. Biasakan untuk membukan flashdisk dengan klik kanak, lalu pilih open. Jika saat diklik kanan dan yang muncul paling atas adalah Autoplay, maka flashdisk tersebut patut dicurigai. Segera scan flashdisk tersebut dengan antivirus yang ada. Ingat, jika kita menerima flashdisk, jangan asal colok. Cek dulu kondisi flashdisk tersebut dan pastikan bahwa tidak ada virus di dalamnya.

2. Kurang Maintanance
Apakah kita sudah dengan rutin melakukan maintanance terhadap komputer kita? Jika belum, maka dari sekarang cobalah untuk lebih perhatian dengan kondisi komputer. Secara berkala, lakukanlah Defragment terhadap setiap partisi di Harddisk kita. Selain itu, bersihkan file temporary. Cara manualnya adalah dengan membukan menu Run, ketikkan %temp% kemudian tekan Enter. Hapus seluruh file yang ada di dalam folder temporary tersebut. Selain itu, bersihkan pula file-file recent dan prefetch. Caranya sama, buka menu Run dan ketikkan recent kemudian hapus seluruh file yang ada. Untuk membersihkan file prefetch, buka menu Run dan ketikkan prefetch.

->Trik yang Lebih Simple<-
Jika cara di atas terlalu ribet, tidak ada salahnya untuk menggunakan Tune Up Utilities 2009. Software ini sudah direkomendasikan oleh pihak Microsoft. Untuk membelinya, kunjungi www.tune-up.com dan kita juga bisa mencoba versi trialnya. Kalo mau yang bajakan, bisa cari di paman Google. Saya tidak berani memberikan yang bajakan, takut kena tuntut, hehe. Tune Up Utilities 2009 menyediakan fitur yang cukup lengkap dalam urusan maintanance Windows. Bahkan kita bisa melakukan maintanance lengkap dengan satu kali klik menggunakan Tune Up 1-click Maintanance. Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan dalam meningkatkan kecepatan komputer adalah mengatur program start up. Pengaturan Start up program juga dapat dilakukan melalui Tune Up Utilities 2009. Hapus program yang tidak terlalu penting untuk dijalankan saat start up. Hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja komputer kita.

3. Kondisi Hardware
Kemungkinan terakhir adalah kondisi hardware. Bagaimana bisa komputer kita menjadi cepat jika RAM kita hanya 128MB? Upgrade hardware adalah salah satu cara jitu dalam mempercepat kinerja komputer. Minimal, usahakan menggunakan RAM dengan kapasitas 256MB agar kita tidak terlalu lama menunggu proses yang dikerjakan komputer.

Selain tiga cara di atas, sebenarnya masih banyak cara lain agar komputer kita tidak lambat. Tentunya kita tidak ingin menjadi seperti gambar di atas bukan? Jadi, jangan biarkan komputer kita lambat. Lakukanlah sesuatu untuk mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar