Minggu, 03 Oktober 2010

Pantau Gempa Terkini dari Komputer Anda

Waspada Gempa ! itu yang terngiang-ngiang dalam Indera pendengaran temen saya di padang beberapa tahun lalu. Tau kan? Indonesia tu Negara paling berpotensi terjadi gempa. Gempa yang terjadi di wilayah Indonesia, Seperti di Aceh, Padang, Tasikmalaya, Sukabumi, DIY dan Jawa Tengah, Maluku dan sebagainya. Bahkan disadari atau tidak, sejumlah gempa kecil sering 'menggelitik' wilayah-wilayah lain di sekitar kita. Melalui internet, kita bisa ikut memantau pusat gempa. Tidak perlu alat canggih, cukup Install software gratisannya (kecil kok filenya) biar terpantau didesktop atau memanfaatkan sebuah add on gratisan (khusus hanya untuk browser Mozilla Firefox).

Nama versi softwarenya yaitu "Gempa Terkini" dari Tiwinet.com untuk dipasang di desktop tanpa membuka aplikasi browser seperti gambar berikut


Software ini sumber data Gempanya (update internasional) dari USGS (earthquake.usgs.gov) sedangkan data Gempa terkini Nusantara bersumber dari BMKG (bmg.go.id).
Semua digabung dalam satu software Gempa Terkini v 0.12.6 ini.


Sedangkan dengan add on firefox bernama eQuake Alert ini, aplikasi ini pun cukup mudah, pengguna hanya perlu mengunduhnya melalui situs resmi Mozilla. Setelah didownload, restart browser Mozilla Firefox untuk mengaktifkan add on tersebut. Setelah berhasil ter-install pada Firefox, informasi gempa pun akan muncul di bagian kanan bawah browser pengguna.

Info : here !

1 komentar: