Senin, 06 Januari 2014

Command Pada Command Prompt yang Perlu Anda Ketahui



cmd.exe atau juga disebut command prompt memiliki banyak sekali fungsi. Ada beberapa pengaturan yang cukup lama untuk dicari dan dengan command prompt mudah untuk mengaturnya. Tetapi, command prompt kurang bersahabat untuk orang awam. Kira-kira ada 230 daftar perintah untuk cmd. Dan itu pasti sulit untuk dihafalkan. Tetapi, pasti ada beberapa perintah yang sering Anda berikan kepada cmd, apalagi Anda termasuk seorang yang senang akan teknologi. Perintah-perintah pada command prompt  akan sangat membantu.

Bila Anda pengguna Windows 8, beberapa pengaturan yang biasanya bisa di atur dari menu biasa harus diatur dari command prompt. Misalnya, WLAN hostednetwork atau kalau di Windows 7 disebut dengan koneksi Adhoc. Dan masih perintah lain yang memang tidak bisa kita akses dari menu biasa. Kali ini Paseban akan berikan beberpa perintah command prompt yang sering digunakan dan memang cukup penting yang ada di Windows 8.

Arp
Arp merupakan singkatan dari address resolution protocol. Dia berfungsi memetakan ipaddress menjadi MAC address. Dari sini Anda juga memasukkan MAC address baru selain itu bisa juga untuk meperlihatkan atau mengganti masukan di cache arp.

Assoc
Perintah assoc digunakan untuk menampilkan dan merubah jenis file yang berhubungan dengan file tertentu. Namun dibeberapa Windows 8 tertentu, Anda tidak dibeberikan keleluasaan untuk mengubah jenis file tersebut, assoc hanya menampilkan jenis file yang bisa dibuka pada computer Anda

Attrib
Perintah attrib digunakan untuk mengubah attribut dari dari satu file atau direktori

Auditpol
Perintah ini berguna untuk memperlihatkan atau mengganti  audit audit policy. Di sini Anda bisa mem-backup, menghapus, restore audit policy.

Bdcboot
Bcdboot berguna untuk mengcopy file ke sistem partisi dan juga untuk membuat penyimpanan sistem BCD yang baru. Selai itu, bcdboot juga bisa digunakan untuk membuat virtual hard disk dan juga membenahi sistem partisi yang ada di hard disk Anda

Bcdedit
Bcd edit bisa digunakan untuk menambah, menghapus, edit dan modifikasi data di Boot Configurasi Data. Antara bcdboot dan bcdedit saling berhubungan, jadi bila ingin mengoperasikan bcd sebaiknya menguasi command-line yang satu ini.

Bdehdcfg
Bdehdcfg berguna untuk mempersiapkan hard disk untuk BitLocker Drive Encryption. Anda bisa menemukannya di folder %systemdrive%\Windows\System32. Selain untuk mempersiapkan, perintah ini juga bisa me-repair bde.

Bitsadmin
Perintah ini berguna untuk membuat, mengatur dan memonitor download dan upload. Perintah ini memang tersedia di Windows 8 tetapi, ini akan dihapuskan. Sebagai gantinya, Microsoft menggunakan BITS PowerShell cmdlet.

Bootcfg
Perintah ini digunakan untuk membangun, modifikasi atau melihat konten file boot.ini, file tersembunyi yang digunakan untuk mengidentifikasi folder apa saja, di partisi mana dan ditempatkan dimana.

Perintah bootcfg mulai digantikan ke bcdedit dari Windows Vista. Memang masih tersedia di Windows 8 tetapi tidak menyediakan informasi yang detail karena W8 tidak menggunakan boot.ini.

Bootsect
Perintah ini digunakan untuk mengkonfigurasi kode master boot yang kompatibel dengan Windows 8 (BOOTMGR).

Cacls
Cacls berguna untuk memperlihatkan atau mengganti daftar control akses file. Walau perintah ini tersedia di Windows 8 tetapi, W8 merekomendasikan menggunakan icacls.

Cipher
Perintah yang berguna untuk menunjukkan atau merubah status enkripsi file dan folder pada partisi NTFS. Ini juga akan menunjukkan folder mana yang tidak akan bisa di enripsi.

Cls
Membersihkan semua perintah yang ada di command propmt

Cmdkey
Berguna untuk menunjukkan, membuat dan menghapus user name dan password yang tersimpan. Jadi kalau Anda ingin dengan cepat menghapus user name atau password dari laptop Anda bisa menggunakan perintah ini. Bisa juga untuk memastikan masih ada atau tidak akun yang tertinggal.

Cscript
Perintah yang digunakan untuk menjalankan script melalui Microsoft Script Host. Perintah ini paling sering digunakan untuk mengatur print dari command line dengan scrip seperti prncnfg.vbs, prndrvr.vbs, prnmngr.vbs dan sebagainya.

Driverquery
Perintah yang digunakan untuk menunjukkan semua driver yang terintal di computer Anda.
Masih banyak sebenarnya command line yang bisa kita terapkan di Windows 8. Anda bisa melihatnya di situs resmi Windows 8. Di sana disediakan perintah untuk cmd dari A-Z. [RIC]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar