Senin, 02 Agustus 2010

Membuat Script Program Posting ke Twitter dengan PHP

Kamu punya account di Twitter dan kebetulan seorang programming? Anda baca di artikel yang tepat. Sebenarnya walaupun kamu bukan seorang programmer pun, kamu pasti akan mengerti beberapa potong baris kode PHP ini karena sangat mudah dimengerti dan diterapkan.

Syarat untuk menjalankan program ini hanya cukup mempunyai satu server, baik server gratisan maupun server milik pribadi ataupun localhost asalkan ada Apache / IIS. Di bawah ini, saya akan berikan script php program untuk memposting / mengupdate aktivitas anda ke Twitter dengan PHP, gantikan saja username dan password serta message sesuai dengan apa yang kamu kehendaki:

$username = ‘username‘;
$password = ‘password‘;
$message = ‘Belajar posting TWITTER menggunakan PHP, kunjungi http://www.speedytown.com/kimyong/‘;
$url = ‘http://twitter.com/statuses/update.xml’;
$curl_handle = curl_init();
curl_setopt($curl_handle, CURLOPT_URL, “$url”);
curl_setopt($curl_handle, CURLOPT_CONNECTTIMEOUT, 2);
curl_setopt($curl_handle, CURLOPT_RETURNTRANSFER, 1);
curl_setopt($curl_handle, CURLOPT_POST, 1);
curl_setopt($curl_handle, CURLOPT_POSTFIELDS, “status=$message”);
curl_setopt($curl_handle, CURLOPT_USERPWD, “$username:$password”);
$buffer = curl_exec($curl_handle);
curl_close($curl_handle);
// check for success or failure
if (empty($buffer)) {
echo ‘message’;
} else {
echo ’success’;
}
?>
Jika program ini berhasil dijalankan, maka postingan anda akan tampil di timeline Twitter kamu dan akan muncul pesan success, dan jika gagal, akan muncul pesan kesalahan. Hati-hati jika kamu mengcopy baris program php ini, terutama pada bagian quote (“). Jika ingin copy paste kode php ini, setelah kamu copy, periksa tanda tersebut, biasanya akan muncul kesalahan, jadi lebih baik untuk ketik ulang sesuai dengan baris diatas. Silahkan coba dijalankan atau dimodifikasi sehingga program ini akan lebih fleksibel dan mudah dipakai. Cara ini akan membuka wawasanmu betapa mudahnya bikin program untuk akses ke Twitter karena Twitter memang menyediakan API yang memudahkan user untuk melakukan login ke account secara gampang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar