Sabtu, 21 Agustus 2010

Memperbaiki Bad Sector Pada Hard Disk

Seperti yang telah saya janjikan pada artikel sebelumnya yang berjudul Cek Kondisi Hard Disk, pada artikel ini saya akan mencoba memberikan solusi kepada anda untuk memperbaiki bad sector yang mungkin menimpa hard disk anda.
Namun sebelum saya menjelaskan langkah demi langkah memperbaiki bad sector, sebelumnya perlu anda ketahui bahwa bad sector terbagi menjadi 2 macam, yaitu bad sector secara hardware/fisik/mekanis dan bad sector secara software.
Bad sector secara fisik yaitu kondisi dimana hard disk anda rusak secara fisik, hal ini bisa terjadi karena tergores, kotor karena debu atau mungkin karena terbentur benda keras. Sedangkan bad sector secara software adalah kondisi dimana file system yang ada pada hard disk anda rusak, hal ini umum terjadi karena mati listrik sedangkan hard disk sedang bekerja keras.
Pada artikel ini saya hanya akan membahas bagaimana memperbaiki hard disk yang terkena bad sector secara software, bukan secara hardware, pasalnya bad sector secara hardware hampir tidak bisa diperbaiki. Jika dari anda ada yang belum mengetahui bagaimana caranya memeriksa kondisi hard disk, silahkan baca artikel saya sebelumnya yang berjudul Cek Kondisi Hard Disk.
Sebelum anda melakukan cara-cara di bawah ini, pastikan data yang ada pada hard disk yang terkena bad sector sudah di backup di media lain misal hard disk eksternal, DVD atau media lainnya yang bisa menampung seluruh data yang ada pada hard disk anda.
Dalam usaha memperbaiki hard disk yang terkena bad sector ini, saya akan memberikan 3 alternatif cara yang bisa anda pilih yaitu menggunakan software bawaan dari vendor hard disk, menggunakan software EASEUS Partition Master dan yang terakhir menggunakan software HDD Low Level Format Tool (seluruh software yang ada pada artikel ini bisa anda download pada link dibagian akhir artikel ini).
  1. Menggunakan Software Bawaan Vendor Hard Disk
    Untuk memberikan kepuasan kepada konsumen atau penggunanya, vendor hard disk biasanya memberikan software yang dapat anda gunakan untuk menganalisa atau memperbaiki hard disk. Jika hard disk anda bermerek Seagate, anda bisa menggunakan Seatools for Window atau Seatools for DOS (untuk pengguna yang masih awam seperti saya, saya menyarankan untuk menggunakan yang versi for windows). Untuk anda yang menggunakan hard disk bermerek Western Digital anda bisa menggunakan tools “Western Digital Lifeguard Diagnostics”. Pada tools Western Digital Lifeguard Diagnostic terdapat fasilitas Write Zero yang berfungsi untuk memperbaiki hard disk seperti bad sector.
    Untuk anda yang menggunakan merek lain selain yang telah saya sebutkan di atas, silahkan kunjungi official website vendor hard disk anda.
  2. Menggunakan Software EASEUS Partition Master
    Selain fungsinya sebagai software yang dapat memudahkan anda dalam mengelola partisi hard disk, EASEUS Partition Master juga dapat anda gunakan untuk memperbaiki hard disk yang terkena bad sector dan berikut ini langkah-langkahnya:
    • Jalankan EASEUS Partition Master (yang belum memiliki programnya, anda dapat mendownload pada link di bawah artikel)
    • Lakukan scanning terhadap partisi yang ada pada hard disk untuk mengetahui letak dari bad sector. Untuk melakukan scanning, klik kanan pada suatu partisi » Advance » Check Partition
    • Setelah anda mengetahui letak partisi yang terkena bad sector, klik kanan partisi tersebut dan pilih delete. Pada menu selanjutnya pilih “Delete Partition and Destroy Data” dan klik OK
    • Pada bagian atas software EASEUS Partition Master, klik Apply untuk menjalankan proses pendeletan dan tunggu hingga proses selesai
  3. Memperbaiki Bad Sector Menggunakan HDD Low Level Format Tool
    Sesuai dengan namanya, HDD Low Level Format Tool akan melakukan format terhadap hard disk secara mendalam. Perlu anda ketahui bahwa melakukan format secara low level berarti anda akan memformat seluruh hard disk, dengan begitu, semua data pada hard disk anda akan hilang secara permanen alias tidak bisa direcover lagi. Namun justru ini yang menurut sata lebih efektif ketimbang menggunakan 2 cara sebelumnya. Seperti yang telah saya katakan di atas, bahwa pada langkah ini anda akan melakukan formatting terhadap 1 hard disk bukan suatu partisi, untuk itu, untuk melakukan formatting anda harus melakukannya di komputer lain.
    Berikut langah demi langkah melakukan formatting terhadap hard disk anda menggnakan HDD Low Level Format Tool:
    • Jalankan software HDD Low Level Format Tool yang sebelumnya harus terinstall terlebih dahulu di komputer anda
    • Pilih hard disk yang hendak anda format (bukan hard disk yang berisi system operasi) lanjutkan dengan klik continue
    • Pilih tab LOW LEVEL FORMAT pada bagian atas, jika anda sudah yakin, klik FORMAT THIS DEVICE dan tunggu hingga proses selesai
Sekarang, cek hard disk anda menggunakan software EASEUS Partition Master seperti pada langkah 2, jika hard disk anda sudah tidak menunjukkan ada error bad sector, berarti hard disk anda sudah sehat kembali. Saatnya anda pasang kembali ke komputer aslinya dan silahkan di install system operasi kesayangan anda.
Merasa artikel ini bermanfaat? jangan lupa untuk berlangganane artikel bermanfaat lainnya ke email anda dengan memasukkan alamat email pada isian di bawah. Untuk anda yang ingin menyumbangkan sedikit uang anda, anda bisa mendonasikannya untuk kemajuan Software Magazine.
Download HDD Low Level Format Tool
Download EASEUS Partition Master

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar