Senin, 17 Mei 2010

Cara Mematikan Autorun Pada Windows

Cara Mematikan Autorun Pada Windows

Langkah awal sederhana untuk melindungi komputer dari serangan virus, trojan, atau malware yang sejenis lainnya dapat kita lakukan dengan mematikan fasilitas Autorun atau autoplay bawaan windows.
Jika pernah melakukan instalasi software melalui media CD atau DVD, ketika CD atau DVD tersebut dimasukkan ke CD/DVD drive, mungkin kita biasa mendapati jendela yang langsung muncul untuk memulai proses instalasi software tersebut. Hal tersebut karena adanya fitur yang dimiliki Windows yang dinamakan Autorun. Autorun ini kerap terjadi pula pada media seperti USB flash drive atau flashdisk.
Autorun sendiri dipicu dan diatur oleh sebuah file bernama autorun.inf. Ini file teks biasa yang di dalamnya berisi baris-baris yang mengatur program apa yang akan dijalankan dan pengaturan-pengaturan lainnya. Dalam keadaan default, Windows akan menjalankan fitur Autorun tersebut untuk CD/DVD, sedangkan untuk removable media seperti flashdisk yang di dalamnya terdapat file autorun.inf
Ini pula yang dimanfaatkan virus atau program berbahaya lain untuk menginfeksi komputer Windows. Selanjutnya virus atau program berbahaya lainnya dengan mudahnya menyebar dari satu komputer ke komputer lain melalui media flashdisk seperti kerap terjadi.
Untuk mengatasi masalah tersebut, sudah banyak yang menuliskan bagaimana cara  menonaktifkan autorun (disable autorun) flashdisk dan removable media lainnya. Salah satunya, dengan mengedit regitry sistem komputer kita. Namun kadang ini sedikit lebih rumit bagi sebagian orang.
Cara sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan melalui seting gruop policy berikut ini;
Klik Start, Run dan masukkan GPEDIT.MSC dan tekan OK, maka akan terbuka/tampil halaman window Group Policy. Kemudian klik Computer Configuration, klik Administrative Templates,kemudian pilih System. Pada pilihan sebelah kanan, scrolling ke bawah dan klik dua kali “Turn off Autoply” maka akan muncul pop up properties, pilih Enable, pilih Turn offAutoply on All Drives. Setelah itu OK. Restart komputer anda maka Antoply atau autorun tidak lagi akan aktif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar