Minggu, 16 Mei 2010

Tips Windows 7 – Mengontrol Akses terhadap ­Eksekusi Aplikasi

Memiliki komputer yang digunakan ­banyak orang sudah pasti membuat ­repot pemiliknya. Banyak aplikasi ­dapat dijalankan sembarangan dan akhirnya membawa masalah. Adakah cara untuk mengontrol hal ini?

Tips Masalah seperti ini biasanya dialami pada komputer keluarga yang bisa digunakan oleh semua orang di rumah. Apalagi, jika anak-anak sedang giat-giatnya belajar komputer dan sering mencoba banyak program dari banyak sumber, seperti Internet.

Jika hal tersebut terjadi, Anda dapat meng­ontrol aplikasi-aplikasi yang digu­nakan. Pada Windows 7, ada sebuah feature baru yang disebut AppLocker. Feature ini sebenarnya merupakan perbaikan dari feature Software Restriction Policies pada Windows terdahulu. Cara mengaksesnya, klik “Start”, ketik ‘gpedit.msc’ dan tekan [ENTER], lalu lihat “Computer Configuration | Windows Settings | Security Settings | Application Control Policies | AppLocker”. Dari sini, Anda dapat menentukan rule yang digunakan untuk membatasi ekesekusi aplikasi.

AppLocker mendukung tiga rule, yaitu path rules, file hash rules, dan publisher rules. Secara singkat, path rules membatasi eksekusi aplikasi dari folder tertentu, hash rules menggunakan algoritma ter­tentu untuk menilai kelayakan eksekusi aplikasi, sedangkan publisher rules membaca digital signature pada aplikasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar