Senin, 17 Mei 2010

Panduan Lengkap Memilih Nama Domain Situs

Nama domain merupakan sebuah elemen yang memiliki arti penting bagi sebuah situs di internet. Bahkan di jaman yang makin serba online ini, banyak nama-nama besar dikenal dari nama domainnya. Sebut saja nama-nama yang mendunia  seperti Google, Yahoo, lalu untuk nama lokal seperti Detik, Kompas, Kaskus, Kapanlagi, (dan Inimu, blog baru pindahan :lol: ) itu semua adalah nama domain situs online di internet.
Lalu bagaimana bila kita ingin memiliki sebuah nama domain? Misalnya anda ingin ngeblog dengan engine Wordpress self-hosted, tentunya anda perlu memiliki domain untuk alamat blog anda. Apa saja yang sebaiknya kita perhatikan, dan tools atau alat bantu apa yang bisa membantu kita mendapatkan sebuah nama domain yang bisa dibilang cukup bagus? Hmmm… susah juga seh sebenarnya menjawabnya. Karena pada dasarnya sebuah nama domain memiliki arti yang relatif berbeda bagi setiap orang.
***
Saran/Petunjuk Menentukan Nama Domain

Paling tidak, ada beberapa hal atau tips yang mungkin bisa membantu kita untuk menentukan sebuah nama domain buat situs online kita. Berikut ini di antaranya:
  1. Pilih nama domain yang sesimpel mungkin dan mudah diingat.
    Mungkin ini merupakan panduan dasar untuk menentukan sebuah nama domain. Tujuannya jelas agar situs kita mudah diingat dan dengan mudah orang mengetiknya pada address bar di sebuah aplikasi browser.
  2. Hindari nama domain yang terlalu panjang.
    Usahakan paling banyak tiga suku kata saja, dan kalau bisa (kalo bisa lo… :) ) hanya berisi satu kata saja. Ini memang susah saat sekarang ini, di mana kenyataannya hampir semua nama domain yang terdiri dari satu kata saja sudah diambil orang. Tapi nggak ada salahnya untuk tetap diusahakan/dicari, siapa tahu ada domain singkat yang belum diambil orang, atau domain yang sudah expired.
  3. Nama domain yang memiliki arti kalimat.
    Untuk memudahkan orang untuk mengingat nama domain kita, bisa juga menggunakan sebuah nama domain yang memiliki arti kalimat.
    Ini terutama kalau kita kesulitan mendapatkan nama domain yang hanya terdiri dari satu kata. Ini juga bisa berarti bahwa domain kita berisi keyword tertentu yang mungkin sering dicari orang via search engine.
    Bila situs kita berisi sesuatu yang khusus, atau blog yang membahas topik khusus (niche blog), bisa menggunakan cara ini, dengan demikian nama domain kita menggambarkan isi/konten situs kita.
  4. Jangan memilih nama domain yang bisa dibaca berbeda.
    Kalau bisa, terutama untuk nama domain yang terdiri dari kalimat berisi lebih dari satu kata, jangan sampai memilih nama domain yang bisa dibaca berbeda. Contohnya gampangnya, misalnya sebuah nama domain dollarsexplain.com, bisa dibaca sebagai dollars explain dot com, atau bisa dibaca juga jadi dollar sex plain dot com. Nah, kan orang jadi bingung :lol:
    Ada trik yang mungkin bisa membantu agar tidak menjadi seperti itu, yaitu jangan gunakan kata kedua/ketiga yang berisi awalan/akhiran huruf vokal, seperti contohnya kata explain tadi (huruf vokal e di depan).
  5. Tidak memilih nama domain dari nama orang.
    Kalau anda berniat mendapatkan nama domain yang nantinya bakal anda jual, atau anda sekedar berjaga-jaga bila suatu saat berencana untuk menjual domain yang akan anda miliki, sebaiknya tidak memilih nama domain yang berasal dari nama anda sendiri atau nama lembaga tertentu. Karena sebuah nama orang hanya berarti bagi orang tersebut saja, dan tidak cukup penting/bernilai bagi orang lain. Kecuali nama orang yang memang sudah ngetop, seperti misalnya nama artis, tentunya lain soal, artis gitu loh :D
    Dan juga, kalau anda bermaksud menggunakan nama domain yang mengandung keyword (kata kunci) tertentu di search engine (optimasi nama domain untuk SEO), sebaiknya nama domain yang digunakan bukan merupakan nama orang. Karena keyword nama orang relatif tidak banyak dicari melalui search engine.
    Tapi kalau anda cukup percaya diri bahwa nama anda laku dijual dan banyak dicari orang, ya silahkan saja :)
Mungkin masih banyak yang belum dijelaskan di sini. Ini sekedar panduan dasar saja, tentunya anda punya pertimbangan sendiri untuk menentukan atau memilih sebuah nama domain.
Ada masalah tersendiri dalam memilih nama domain, salah satunya yang paling utama adalah sudah semakin banyak saja (dan akan semakin banyak seiring dengan popularitas internet) nama domain bagus tapi sudah dimiliki orang lain. Kita jadi kesulitan untuk mencari nama domain apa ya yang bagus? Kok semua sudah diambil orang…? :lol:
***
Tools Untuk Mendapatkan Nama Domain

Nah, untuk membantu kita mencari-cari a.k.a ngubek-ngubek mendapatkan nama domain bagus yang masih tersedia, ada tools yang bisa digunakan, di antaranya adalah DomainTyper (untuk mencari ketersediaan nama domain dengan cepat secara real time) dan Estibot (untuk mengetahuai appraisal/perkiraan nilai sebuah nama domain). Dengan menggunakan tool tersebut, kita bisa lebih cepat dalam mencari nam domain yang masih berlaku, dan juga mengetahui terlebih dulu kira-kira bakal dihargai berapa (nilai uang) sebuah nama domain.
*
DomainTyper
DomainTyper
Ketik nama domain (tanpa extension seperti .com, .net, dll) pada tool di sebelah kiri. Hasilnya akan langsung terlihat apakah domain tersebut tersedia atau tidak.
Bila sebuah domain tersedia (untuk extension tertentu), akan ditandai warna hijau pada extension yang tersedia. Bila tidak tersedia/sudah dipakai, maka akan ditandai dengan warna merah.
Kalau anda penasaran siapa pemilik nama domain yang sudah dimiliki orang lain itu (misalnya anda sangat menginginkan nama domain itu dan pengen membelinya dari orang itu :) ), silahkan klik Whois pada domain dengan extension yang berwarna merah.
*
Estibot
Logo Estibot
Estibot merupakan sebuah layanan yang memberikan prakiraan nilai (appraisal) sebuah nama domain, baik domain yang belum diregistrasi, atau domain situs yang aktif. Tool online ini cukup banyak digunakan untuk membantu memperkirakan (perkiraan awal) nilai jual/beli sebuah nama domain. Perkiraan nilainya didasarkan pada banyak aspek, diantaranya simplisitas (kemudahan nama), nilai keyword, nilai pemasangan iklan, dan lain sebagainya.
Untuk menggunakannya, sebaiknya anda registrasi dulu di situsnya, agar bisa mendapatkan tool yang lebih lengkap, dibandingkan bila kita hanya menggunakannya tanpa registrasi. Untuk registrasi (gratis kok), silahkan buka situsnya.
Penggunaannya cukup mudah, kita tinggal memasukkan nama domain (lengkap dengan extensionnya seperti .com, .net, dll), lalu kita akan ditunjukkan berapa perkiraan nilai domain tersebut. Bila kita melakukan registrasi, kita bisa mendapatkan appraisal untuk beberapa domain sekaligus (bulk appraisal).
Memang, karena layanan ini bersifat global, Estibot ini lebih efektif kalau untuk mengetahui nilai domain dengan arti global (domain yang memiliki arti dalam bahasa English). Walau begitu, kita juga bisa menggunakannya untuk sekedar melihat perkiraan nilai domain bernama lokal, paling tidak dari sisi kemudahan namanya.
Sekedar info aja, domain yang saya miliki (baru saya registrasi dan belum diisi apa-apa) yaitu webtagging.com dan fandigital.com diperkirakan bernilai di atas US$ 300. Lumayan juga ya kalo dijual, bisa laku diatas 3 jutaan dong :lol: Padahal belinya cuma 7 dollar aja. Atau ada yang mau beli? Nego deh :mrgreen:
Kalo domain situs ini (inimu.com) sih cuma dihargai US$ 50 saja. Tapi lumayan lah :)
***
Terus, kalau sudah mantap dengan sebuah nama domain, di mana sebaiknya membeli (meregistrasi) domain? Ya di tempat yang jual murah lah, hehehe :mrgreen:
Tapi nggak sekedar begitu juga sih. Kalau anda berniat memiliki domain bernama global, mungkin bagusnya beli dari registrar global juga, terutama agar mudah dalam penjualan (bila nantinya bakal dijual). Salah satunya bisa di tempat seperti GoDaddy.com. O i a, bicara soal GoDaddy, ada thread di sebuah forum yang suka kasih info diskon GoDaddy. Lumayan, bisa dapat domain dengan harga lebih murah.
Bisa juga anda membeli domain sekaligus dengan penyewaan hosting, karena ada beberapa layanan web hosting yang menyediakan domain gratis bila menyewa web hosting di tempat mereka. Silahkan Googling aja deh… :)
Dan, yang lebih penting, sebaiknya anda membeli hosting di tempat registrasi domain yang bisa segera mengaktifkan domain anda.
***
BTW, itu tadi bicara domain berbayar. Kalo mau pake domain gratis juga bisa kok, pake aja yang dari co.cc ini, jadi bisa dapat domain dengan nana DOMAINKAMU.co.cc, gratis
***
Kalau ada info yang kurang, boleh juga ditambahkan di komentar :)
Semoga berguna :)
.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar