Senin, 02 Agustus 2010

Cara Bikin Game Nintendo DS U/ Yg Bukan Programmer


Berkhayalkah kita saat ini ketika membaca artikel ini? Jawabannya tidak. Saat ini memang betul tersedia software / program yg memungkinkan kita membuat game di Nintendo DS dengan mudah tanpa perlu C++ atau Java.

Dengan sebuah software/program yg bernama DS Game Maker, kita bisa mendesain game profesional yang nantinya bisa dijalankan di Nintendo DS. Game-game beranimasi dan canggih bisa dihasilkan / digenate tanpa butuh skill seorang programmer, semua dpt dikerjakan dengan elok dan cepat. Sound Effect juga bisa ditambahkan ke dalam game sehingga memperkaya dan menambah nilai jual game tersebut. Hasil dari pembuatan game tersebut bisa dijual secara profesional.
Cara bikin game dengan DS Game Maker ini adalah dengan menginstalnya di komputer Windows kita, dari Windows XP s/d Windows 7. Setelah game dihasilkan, maka kita dapat mengekspor file ke dalam bentuk NDS. Diperlukan bantuan devkitARM untuk menyelesaikan bagian ini. Langkah selanjutnya adalah kita mesti mencoba preview game Nintendo DS buatan kita dengan bantuan utility emulator sehingga kita bisa tracing bugs dan error sebelum launching. Emulator Nintendo DS untuk PC yang terkenal adalah NO$GBA dan DeSmuME.
Spesifikasi yang dibutukan DS Game Maker adalah:
# Processor: 400 MHz Pentium (1GHz recommended)
# RAM: 96 MB RAM (256 MB recommended)
# Hard Disk: Up to 600 MB (outlined below):
* Up to 500 MB – Microsoft .NET Framework 3.5 SP1
* 9 MB – DS Game Maker
* 85 MB – devkitARM toolchain
# CD or DVD Drive: Not required
# Display: 800 x 600 resoltion, 256 colors (1024 x 768 high color, 32-bit Display recommended)
# Microsoft .NET Framework 3.5
Untuk berbagai petunjuk jelas bikin game Nintendo DS kali ini, lebih jelasnya kamu bisa saksikan di panduan dan system requirements pagenya di sini.
Download program gratisnya di sini. Dengan utility keren ini, walaupun bukan programmer, kamu tau cara bikin game yang baik dan nantinya bisa kamu jual.

1 komentar:

  1. ... saya sedang mencari yang seperti ini,
    nice info gan, thanks !

    BalasHapus